Cara Mudah Belajar Gitar dengan Metronom

Cara Mudah Belajar Gitar dengan Metronom - Selamat pagi sobat gitaris. Ada yang tahu apa itu metronom? mari kita simak tulisan dibawah ini dengan baik baik. Karena kali ini kita akan membahas mengenai fungsi metronom dalam belajar gitar.

Cara Mudah Belajar Gitar dengan Metronom
Google Image - Cara Mudah Belajar Gitar dengan Metronom

Metronom

Metronom adalah alat yang berfungsi sebagai pengatur tempo semua alat musik. Tak terkecuali alat musik gitar. Alat ini akan menghasilkan suara seperti tik tik tik tik toot (sekarang bunyinya sudah beragam hehehe). Metronom memiliki bunyi yang mudah terdengar di telinga karena mungkin frekuensi suara metronom berbeda dengan alat musik. suara tersebut sangat membantu para gitaris dalam memainkan not not atau tempo ketika bermain bersama dengan alat musik yang lainnya. Metronom memiliki konsistensi dalam memberikan ketukan serta membagi bagian atau potongan lagu secara seimbang tanpa ada perubahan tempo. Seorang  pemain alat musik memiliki ukuran tempo yang berbeda beda, dengan adanya metronom ini dapat membantu mereka menemukan ketukan dan tempo yang sama serta seimbang. Memang pada awal penggunaan metronom akan terasa sulit dan susah, namun sebenarnya ketika kita mahir bermain dengan metronom akan sangat terasa berguna pada akhirnya. Metronom  memiliki beberapa tipe berdasarkan sumber energi.

Jenis Metronom

  1. Metronom analog ialah metronom yang bergerak konsisten tanpa menggunakan tegangan listrik. metronom ini bisa dimainkan tanpa menggunakan baterai. ada sejenis tuas untuk memutar disamping metronom analog agar dapat bekerja.
  2. Metronom digital ialah metronom yang bergerak menggunakan tenaga listrik. metronom ini biasanya menggunakan baterai. bentuk dan ukuran metronom digital sangat beragam.
Untuk yang tak ingin repot urusan metronom seperti susah mencari atau membeli terlalu mahal, sekarang aplikasi metronom dapat di unduh secara gratis. baik untuk aplikasi android maupun komputer.

Fungsi Metronom

Dalam dunia musik, keberadaan metronom sangat membantu pera pemain alat musik, tak terkecuali gitaris. Adapun fungsi metronom sebagai berikut:

Pengatur Tempo secara Stabil

Ini merupakan fungsi utama dari alat metronom. Metronom didesain secara sedemikian rupa untuk memudahkan kita dalam dalam menjaga keseimbangan dalam memainkan alat musik. seorang gitaris jika tidak terlatih menggunakan metronom, biasanya akan menghasilkan tempo yang dinamis atau berubah ubah. Padahal sebenarnya lagu itu meskipun cepat dan terlihat kosong atau lambat, akan tetap pada tempo yang sama dari awal sampai akhir. Nah, hal ini akan sangat membantu gitaris untuk menjaga emosi dalam memainkan gitar agar tetap stabil.


Membantu Membagi Tempo dalam membaca not

Dalam memainkan not, diperlukan keseimbangan dalam tempo yang pas untuk membaca not tersebut. Kita akan sangat susah apabila terbawa suasana dimana ketika merasakan bagian not idaman, maka akan lebih cepat beberapa atau seper berapa detik. nah tentu hal ini akan membuat kita salah dalam memainkan not not tersebut. yang hasilnya akan tidak bagus tentunya. namun dengan adanya metronom, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan latihan rutin menggunakan metronom.


Acuan Tempo dalam Band 

Ketika bermain gitar bersama teman teman anda didalam suatu band. fungsi metronom akan membantu kita dalam memainkan lagu dengan tetap seimbang. Katakan saja dalam suatu band terdapat 3 alat musik, seperti gitar, bass gitar, dan drum. ketika kita dalam memainkan lagu salah satu pemainnya tidak seimbang karena mungkin terlalu bersemangat, metronom dapat mengurangi permasalahan tersebut tanpa harus mengulangi lagu tersebut dari awal.


Cara Mudah Belajar Gitar dengan Metronom - Demikianlah yang dapat kami sampaikan. semoga informasi yang kami sampaikan dapat membantu sobat gitaris. Untuk informasi dunia musik, kunjungi terus belajarmusiku.com . Sekian dan Terimakasih.

Related Posts