Belajar Bass Gitar melalui Tabulasi Bass dengan mudah

Belajar Bass Gitar melalui Tabulasi Bass dengan mudah - Siapa yang kenal dengan alat musik satu ini? Alat musik berdawai yang memiliki senar yang besar dan berfungsi pengiring nada rendah atau low ketika bermain bersama dengan alat musik lainnya. Bisa dibilang bahwa alat musik bass gitar merupakan alat musik yang dapat membaur dan tentunya bisa memiliki variasi didalamnya. Kita lihat saja para bassis terkenal yang memainkan lick bass gitar mulai dari yang mudah hingga yang sulit. Nah, tentunya bagi kita para pemula akan sulit untuk mempelajari bass gitar dan mengikuti mereka. Tapi tentu saja bukan berarti tidak ada cara instan untuk menguasai lick atau melodi dari nada nada bass mereka. Lalu bagaimana? anda dapat belajar bass gitar melalui tabulasi bass dengan mudah.

Belajar Bass Gitar melalui Tabulasi Bass dengan mudah
Google image - Belajar bass gitar melalui tabulasi bass mudah


Berikut ini adalah informasi mengenai tabulasi pada bass, mulai dari cara membaca hingga mengaplikasikan pada bass gitar anda, oleh sebab itu bagi anda para pemula di dunia bass, simak tulisan dibawah ini agar anda dapat menguasai beberapa langkah yang mudah untuk belajar bass gitar melalui tabulasi bass dengan mudah.  Seperti yang kita ketahui bahwa tabulasi tidak hanya terdapat pada bass, melainkan juga pada gitar. baca juga Tabulasi gitar . 

Belajar Bass Gitar melalui Tabulasi Bass dengan mudah

Berikut ini merupakan langkah langkah dalam belajar bass dengan tabulasi:

1. Perhatikan Angka

Didalam tabulasi terdapat angka angka yang tersusun berdasarkan urutan waktu yang akan ditekan terlebih dahulu dan apa yang akan selanjutnya. Kenapa? karena urutan melodi tersebut berdasarkan fret mana yang akan kita gunakan ketika bermain bass dalam sebuah tabulasi. Jadi jangan sampai ada yang terlewatkan atau urutannya tidak teratur.

2. Dengarkan Musik

Selama mencari not tabulasi dalam belajar bass gitar, tentu alangkah baiknya jika anda juga sambil mendengarkan lagu tersebut. Tentu saja hal ini dapat membuat anda akan lebih sensitif untuk mengoreksi lebih baik. Mungkin anda memainkan tabulasi dengan salah. Oleh sebab itu, anda perlu mendengarkan lagu asli bersamaan ketika mencari nada pada bass gitar anda.

3. Perhatikan Kecepatan Perpindahan 

Sembari mendengarkan dan mencari not pada fret bass itar anda, anda perlu memperhatikan tingkat kecepatan yang dimainkan. Karena pada dasarnya, perpindahan dari satu not ke not lainnya tidak dijelaskan dalam tabulasi bass. Oleh sebab itu, anda perlu waspada dalam mencari not dalam tabulasi bass anda tersebut.Yang jelas, jika anda telat atau terlalu cepat dalam berpindah, tentu hal tersebut akan menimbulkan suara yang aneh dan tidak sama dengan aslinya.

4. Perhatikan Teknik

Tak kalah penting dengan yang lainnya, anda juga perlu memperhatikan teknik yang digunakan, teknik yang digunakan akan menimbulkan efek hidup didalamnya. Not not yang anda mainkan pun akan terasa lebih berwarna dan nyata layaknya lagu aslinya. Oleh sebab itu, anda perlu membaca tabulasi dan aplikasikan tekniknya, tapi jika tidak tertulis anda dapat mendengarkan lagu dan dengar teknik apa yang dia gunakan. 


Nah itu tadi Belajar Bass Gitar melalui Tabulasi Bass dengan mudah semoga bermanfaat bagi anda dalam mempelajari bass gitar. Baca juga Belajar Bass Gitar Otodidak dengan Mudah agar anda mengerti cara belajar bass dengan baik dan benar. Untuk informasi dunia musik anda bisa kunjungi terus belajarmusiku.com. Sekian dan terimakasih.

Related Posts